HTML 5 masih dalam uji coba, tetapi untuk setiap ahli SEO, yang mencoba untuk melihat ke depan, beberapa pengetahuan tentang HTML 5 dan bagaimana hal itu akan berdampak SEO bukan informasi yang tidak perlu. Memang benar bahwa perubahan dan konsep baru dalam HTML 5 akan berdampak pengembang Web dan desainer jauh lebih banyak daripada ahli SEO tapi tetap saja jauh dari kebenaran untuk mengatakan bahwa HTML 5 tidak akan berarti perubahan dalam kebijakan SEO Organik.
Apa yang Baru di 5 HTML?
HTML 5 mengikuti jalan Net berkembang pada tahun-tahun terakhir dan mencakup banyak berguna tag dan elemen. Pada pandangan pertama, mungkin terlihat seperti HTML 5 akan ke arah bahasa pemrograman (misalnya PHP) tetapi sebenarnya ini tidak begitu - masih bahasa presentasi berbasis XML. Tag baru dan elemen mungkin membuat HTML 5 terlihat lebih kompleks tapi ini hanya pada pandangan pertama.
HTML 5 tidak sangat berbeda dari HTML 4. Salah satu ide dasar dalam pengembangan HTML 5 adalah untuk memastikan kompatibilitas dan karena itu HTML 5 tidak lengkap merubah dari spesifikasi HTML. Jadi, jika Anda memiliki kekhawatiran bahwa Anda akan harus mulai belajar dari awal, kekhawatiran ini tidak beralasan.
Bagaimana Perubahan 5 HTML Akan Mempengaruhi SEO?
Sebagai ahli SEO, Anda kemungkinan besar tertarik terutama dalam perubahan-perubahan dalam spesifikasi 5 HTML, yang akan mempengaruhi pekerjaan Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:
*
Peningkatan segmentasi halaman. Search engine yang semakin pintar dan ada banyak alasan untuk percaya bahwa bahkan sekarang mereka menerapkan segmentasi halaman. Pada dasarnya, segmentasi halaman berarti bahwa halaman dibagi menjadi beberapa bagian tersendiri (konten utama yaitu, menu, header, footer, link bagian, dll) dan bagian-bagian diperlakukan sebagai entri terpisah. Saat ini, tidak ada jalan bagi web master untuk memberitahu mesin pencari bagaimana segmen halaman tapi ini akan berubah dalam HTML 5.
*
Sebuah tag baru <article>. Tag <article> baru mungkin adalah penambahan terbaik dari sudut pandang SEO. Tag <article> memungkinkan untuk menandai entri terpisah dalam sebuah publikasi online, seperti blog atau majalah. Diharapkan bahwa ketika artikel ditandai dengan tag <article>, ini akan membuat kode HTML yang bersih karena akan mengurangi kebutuhan untuk menggunakan tag <div>. Juga, mungkin search engine akan menempatkan lebih berat pada teks dalam tag <article> dibandingkan dengan isi di bagian lain dari halaman.
*
Sebuah tag baru <section>. Tag <section> baru dapat digunakan untuk mengidentifikasi bagian yang terpisah pada halaman, bab, buku. Keuntungannya adalah bahwa setiap bagian dapat memiliki perusahaan HTML terpisah pos. Seperti tag <article>, dapat diduga bahwa mesin pencari akan lebih memperhatikan isi bagian yang terpisah. Misalnya, jika kata-kata string pencarian ditemukan di satu bagian, ini menunjukkan relevansi yang lebih tinggi dibandingkan dengan ketika kata-kata yang ditemukan di seluruh halaman atau di bagian yang terpisah.
*
Sebuah tag baru <header>. Tag <header> baru (yang berbeda dari elemen head) merupakan rahmat bagi pakar SEO karena memberikan banyak fleksibilitas. Tag <header> ini sangat mirip dengan tag <H1> tetapi perbedaannya adalah bahwa ia dapat berisi banyak hal, seperti H1, H2, H3 elemen, seluruh paragraf teks, hard-kode link (dan ini benar-benar berharga untuk SEO), dan jenis lain dari info Anda merasa relevan untuk memasukkan.
*
Sebuah tag baru <footer>. Tag <footer> mungkin tidak berguna sebagai <header> satu tapi tetap saja memungkinkan untuk memasukkan informasi penting di sana dan dapat digunakan untuk tujuan SEO juga. Para <header> dan tag <footer> dapat digunakan berkali-kali dalam satu halaman - yaitu Anda dapat memiliki header yang terpisah / footer untuk setiap bagian dan ini benar-benar memberikan banyak fleksibilitas.
*
Sebuah tag baru <nav>. Navigasi merupakan salah satu faktor penting untuk SEO dan segala sesuatu yang memudahkan navigasi menyambut. Tag <nav> baru dapat digunakan untuk mengidentifikasi sebuah koleksi link ke halaman lain.
Seperti yang Anda lihat, tag baru mengikuti struktur umum dari suatu halaman standar dan masing-masing bagian (yaitu header, footer, bagian utama) memiliki tag terpisah. Tag kita dijelaskan di sini, hanya beberapa (tetapi tentu tidak semua) dari tag baru dalam HTML 5, yang akan mempengaruhi SEO dalam beberapa cara. Sebagai contoh, <audio>, <video> atau tag <dialogue> juga merupakan bagian dari standar 5 HTML dan mereka akan memungkinkan untuk lebih memisahkan konten ke dalam kategori memadai. Ada banyak tag lain tetapi mereka penting relatif lebih rendah dan itu sebabnya mereka tidak dibahas.
Untuk saat ini HTML 5 masih jauh di masa depan. Ketika halaman lebih menjadi HTML 5-compliant, mesin pencari akan lebih memperhatikan HTML 5. Hanya maka akan memungkinkan untuk mengetahui bagaimana tepatnya mesin pencari akan memperlakukan HTML 5 halaman. Penerapan massa dari HTML 5 tidak akan terjadi segera dan itu merupakan taruhan yang aman untuk mengatakan bahwa untuk saat ini Anda bisa menyimpan ke HTML 4 dan tidak memiliki masalah. Selain itu, ia akan mengambil beberapa waktu untuk browser untuk menyesuaikan diri dengan HTML 5 yang penundaan saat ketika HTML 5 akan di mana-mana.
Namun, setelah HTML 5 diterima dan dimanfaatkan, itu akan menjadi standar mendominasi untuk tahun yang akan datang dan itu sebabnya Anda mungkin ingin mengawasi apa yang master web lainnya lakukan, hanya untuk memastikan bahwa Anda tidak akan merindukan saat ketika HTML 5 menjadi standar yang dipatenkan?